Sensasi Unik Tubuh : Kaki Kram

Tuesday, January 10, 2012

Sensasi Unik Tubuh | Info Kesehatan Kita

Sensasi Unik Tubuh : Kaki Kram - Hampir semua orang dengan perkiraan 95% pernah mengalami sensasi unik tubuh berupa kram dan jenis rasa sakit ini paling sering dialami di kaki. Kram kaki pada umumnya terjadi saat kita sedang beristirahat bahkan dapat terjadi saat kita sedang tidur. Saya pun pernah merasakannya di pagi hari sehingga saya bangun dalam keadaan yang menyakitkan. Rasanya seperti otot-otot diikat membentuk simpul-simpul ketat atau serasa diperas. Otot-otot yang paling umum untuk terjadi kram kaki adalah otot yang melintasi dua sendi seperti Otot-otot betis (melintasi pergelangan kaki dan lutut), hamstring (melintasi lutut dan pinggul), dan paha depan (melintasi lutut dan pinggul). Kram kaki biasanya terjadi pada orang dewasa dan menjadi semakin sering terjadi sejalan dengan proses penuaan. Namun, anak-anak juga dapat mengalami kram.

Kaki kram yang merupakan sensasi unik tubuh selain cegukan ini biasanya berlangsung kurang dari satu menit, tetapi dapat berlangsung beberapa menit sebelum kontraksi mereda. Jika Kram Kaki terjadi sebaiknya tidak perlu panik. Ketahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mengatasinya dengan tepat. Kaki kram biasanya disebabkan karena dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Mineral Natrium, Kalium dan Kalsium berperan dalam menggerakkan otot-otot. Jika ada dari mineral tersebut yang kurang atau berlebihan bahkan dehidrasi maka gerakan otot jadi terganggu dan terjadilah kram tersebut. Kram kaki dapat disebabkan oleh kondisi lain seperti konsumsi beberapa jenis obat tertentu. Golongan obat seperti diuretik, nifedipine, cimetidine, salbutamol, statins, terbutaline, lithium, clofibrate, penicillamine, phenothiazines, dan nicotinic acid kemungkinan dapat memberikan efek samping berupa kram. Masalah kram juga dapat terjadi pada masa kehamilan terutama pada trimester akhir.

Penanganan yang harus dilakukan untuk meredakan serangan kram kaki biasanya adalah dengan gerakan pelemasan (stretching) dan pemijatan. Untuk mencegah terjadinya kram, minumlah minimal tiga gelas penuh setiap hari termasuk sebelum tidur. Sangat dianjurkan pula untuk minum sebelum, selama dan setelah berolahraga untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Lakukanlah pelemasan setelah berolahraga dan jangan melakukan olahraga yang berat sesaat sebelum tidur. Jika kram kaki terjadi secara terus menerus dan berulang, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Obat-obatan dan riwayat medis perlu ditinjau untuk menyelidiki faktor-faktor yang mungkin berkontribusi terhadap kram kaki. Analisa darah perlu dilakukan pula untuk memastikan seberapa normal tingkat elektrolit kalium dan sejenisnya. Semoga artikel Sensasi Unik Tubuh : Kaki Kram ini dapat menambah pengetahuan kesehatan anda.

peluang usaha

Sumber :
http://orthopedics.about.com/cs/sprainsstrains/a/legcramp.htm
http://www.medicinenet.com/muscle_cramps/article.htm
http://www.lovelytoday.com/trendlifestyle/2011/10/18/5343/jari-kaki-kram-sebab-dan-cara-mengatasinya
http://majalahkesehatan.com/penyebab-dan-penanganan-kram-kaki/

0 comments:

Post a Comment

Bottom 1

Bottom 2

Bottom 3