Sensasi Unik Tubuh : Cegukan

Monday, January 9, 2012

Sensasi Unik Tubuh : Ceguk | Info Kesehatan Kita
 
Sensasi Unik Tubuh : Cegukan - Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya cegukan. Cegukan atau hiccup (istilah yang muncul dan digunakan orang untuk menirukan suara yang dikeluarkan saat cegukan) adalah kontraksi yang terjadi secara tiba-tiba dan tak disengaja pada diafragma. Istilah medis dari Cegukan adalah Singultus yang berasal dari bahasa latin yang artinya menarik nafas saat seseorang sedang terisak-isak. Umumnya terjadi secara berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan epiglottis atau ruang antara pita suara menutup dan menyebabkan terjadinya suara "HIK...". Tertutupnya epiglotis ini karena adanya gangguan di lengkung refleks yaitu susunan saraf pusat dan saraf tepi yang mengatur kelancaran pernafasan manusia. Cegukan terjadi di luar kendali atau tidak dapat dikontrol. Waspadalah jika anda sering mengalami cegukan, karena hal ini merupakan gejala adanya masalah pada saluran pencernaan atas salah satunya adalah kondisi uremia pada pasien gagal ginjal. Konsultasikan pada petugas kesehatan terdekat jika sering mengalami cegukan. Cegukan muncul 4 - 60 kali per menit dengan interval cukup teratur dan beberapa menit saja. Namun ada kalanya bertahan lebih lama dan berhari-hari. Sekedar intermezo, cegukan terlama dialami oleh Charles Osborne selama 68 tahun dan telah dicatat oleh Guinness Book of World Records,

Penyebab cegukan antara lain karena perengangan saluran cerna yang disebabkan karena minum minuman yang berkarbonasi seperti soda. Terlalu cepat memasukkan makanan yang mengakibatkan banyaknya udara yang masuk tertelan dan ketika minum air dingin setelah makan makanan panas dan pedas juga dapat memicu cegukan. Stress dapat menimbulkan cegukan misalnya stress karena pekerjaan memikirkan pembuatan laporan keuangan yang rumit tanpa adanya software akuntansi laporan keuangan terbaik. Konsumsi Alkhohol dan rokok pun dapat menyebabkan kita menjadi cegukan. Atau jika anda terlalu berlebihan dalam tertawa dan batuk yang terlalu keras. Beberapa uraian tersebut menjadi penyebab munculnya cegukan sementara. Untuk cegukan yang sifatnya permanen atau bertahan lama, hal tersebut disebabkan karena adanya penyakit sistem saraf pusat. Penyakit sistem saraf pusat ini dapat disebabkan karena adanya infeksi, tumor atau kelainan pembuluh darah sehingga refleks cegukan terganggu. Pada pasien gagal ginjal, cegukan dapat berlangsung lama karena meningkatnya kadar urea dalam darah atau disebut uremia. Kekurangan elektrolit kalium dan juga pengaruh obat-obatan seperti steroid dan obat tidur dapat menyebabkan cegukan berlangsung lama. Cegukan yang berlangsung lama dapat menyebabkan insomnia, kelelahan bahkan depresi bagi yang mengalaminya.

peluang usaha

Entah darimana datangnya Sensasi Unik Tubuh ini, cegukan selalu datang tiba-tiba dan sulit dihentikan. Sehingga perlu adanya Tips menghentikan Cegukan, namun tips-tips tersebut sudah banyak diulas oleh berbagai media online, website dan blog kesehatan. Info Kesehatan Kita akan ikut berpartisipasi dalam memberikan sedikit solusi bagaimana memberikan tips Menghentikan Cegukan pada posting artikel berikutnya. Semoga bermanfaat, salam info kesehatan kita.

Sumber : 
  • Http://farms-area.blogspot.com/2008/11/cegukan-singultus.html
  • Http://id.m.wikipedia.org/wiki/cegukan

0 comments:

Post a Comment

Bottom 1

Bottom 2

Bottom 3