Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GIZI DAN IBU MENYUSUI

Info Kesehatan Kita
GIZI DAN IBU MENYUSUI - Masa menyusui adalah penting untuk pertumbuhan bayi, karena itu makanan ibu menyusui perlu penambahan zat-zat gizi. Rahasia gizi baik ibu menyusui terletak pada macam hidangan setiap hari.


Bagaimanakah seharusnya makanan yang baik untuk ibu menyusui ?
Makanan ibu pada saat menyusui jauh lebih banyak dibanding dengan waktu hamil atau tidak hamil. Makanan harus seimbang baik dalam hal makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah. Jumlah gizi dan mutunya lebih banyak dari makanan ibu dalam keadaan normal. Perlu lebih banyak minum setiap hari lebih dari 6 gelas. Jangan memakan makanan yang pedas, tidak banyak bumbu, tidak terlalu dingin atau terlalu panas untuk menjaga kelancaran pencernaan. Untuk dapat meningkatkan produksi ASI makanlah sayuran hijau yang dapat merangsang ASI seperti byam, daun singkong, daun katuk, daun pepaya. Selain itu dapat pula mengkonsumsi kedelai, kacang tanah, pepaya, mangga, jeruk, pisang dan jambu air.

Mengapa kebutuhan makan ibu menyusui meningkat ?
Makanan tersebut diperlukan untuk menghasilkan sejumlah ASI yang sangat diperlukan sebagai makanan utama bayi ibu. Kebutuhan makanan tersebut juga diperlukan untuk pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan.

Yang harus diketahui oleh ibu menyusui adalah mempersiapkan diri untuk menerima dan memelihara bayi dengan baik dan seksama. Rela menyusui bayinya karena ASI merupakan makanan paling baik bagi bayi. Lakukanlah perawatan payudara dengan baik. Karena perawatan payudara merupakan salah satu usaha yang sangat penting dan harus dilakukan secara teratur agar ASI dapat diberikan dengan lancar.

Pahamilah bahwa menyusui tidak mengubah bentuk badan, tetaplah menyusui bayi anda, yakinlah bahwa menyusui adalah yang terbaik bagi ibu dan bayi. Semoga bermanfaat. Salam INFO KESEHATAN KITA.

Post a Comment for "GIZI DAN IBU MENYUSUI"